Cotton Fleece Bahan Paling Cocok Untuk Sweater Hoodie - MUDA HIJRAH

MUDA HIJRAH

HIJRAH DARI MUDA

Facebook SDK

test banner

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 20 September 2020

Cotton Fleece Bahan Paling Cocok Untuk Sweater Hoodie

Cotton Fleece Bahan Yang Paling Cocok Untuk Sweater Hoodie




Spesifikasi Bahan Cotton Fleece


Cotton Fleece sebenarnya merupakan salah satu jenis dari kain fleece. Diantara semua jenis kain fleece, cotton fleece ini bisa dikatakan merupakan yang paling tahan lama dan awet. Karakteristik utama dari cotton fleece ini adalah sifatnya yang lembut. Diantara semua jenis kain fleece, cotton fleece inilah yang paling lembut. Tidak heran jika bahan satu ini sangat nyaman dipakai. Selain dingin, pakaian yang menggunakan bahan satu ini akan terasa halus di kulit pemakainya.


Selain lembut, serat-serat cotton fleece ini terkenal halus dan ringan. Dan tidak hanya itu, pilihan warnanya juga biasanya lebih terang dibandingkan dengan kain lainnya. Selain lembut, bahan satu ini juga sedikit berbulu. Inilah mengapa ketika musim dingin jaket dan sweeter yang menggunakan bahan utama satu ini sangat nyaman dipakai karena dapat menghangatkan tubuh penggunanya.



Serat bulunya pun lebih ringan dibandingkan dengan kain lain serta jenis kain fleece lainnya. Sayangnya, sifatnya yang hidrofobik membuat kain satu ini agak lebih susah menyerap air. Dari keseluruhan berat totalnya, hanya 1% air saja yang dapat diserap kain ini. Meskipun begitu, pori-pori dari kain satu ini mudah menguapkan air. Sangat cocok bagi anda yang mudah mengeluarkan keringat karena akan cepat kering. Oleh karena itu, ketika dicuci, kain ini mudah mengering disebabkan pori-pori yang ada dalam bahan satu ini.





Kelebihan Bahan Cotton Fleece


1. Lembut


Sebagaimana telah disebutkan di atas, sifat utama dari kain satu ini adalah lembut. Uniknya, semakin sering dan lama digunakan, tingkat kelembutannya tidak berkurang dan justru malah meningkat. Hal ini berbanding dengan jenis kain fleece lainnya yang apabila semakin sering digunakan, semakin menjadi agak kasar. Hal ini disebabkan karena serabut serat dari kain fleece selain cotton fleece kian hari kian menggumpal.


Jadi jelas, apabila ada pertanyaan, apa sih kelebihan dari bahan satu ini? Maka jawabannya adalah tingkat kelembutannya yang fantastis!


2. Mudah Kering


Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa hanya 1 % air saja dari keseluruhan beratnya yang dapat diserap kain ini, menjadikan kain ini sangat mudah kering. Oleh karena itu, jaket atau sweeter yang berbahan cotton fleece ini sangat cocok bagi anda yang mudah berkeringat. Sebab, apabila jaket atau sweeter anda menggunakan bahan ini sebagai bahan utama pembuatannya, maka dapat dipastikan bahwa jaket atau sweeter anda akan lebih mudah menguaplan air. Hal itu disebabkan pori-pori yang ada dalam bahan satu ini yang menyebabkannya sangat mudah menguapkan air.


Karena itu pula, kain ini juga relatif lebih mudah mengering apabila dicuci. Ya dikarenakan pori-pori yang ada dalam bahan satu ini.


3. Awet dan Tahan Lama


Selain merupakan bahan yang paling terkenal diantara kain jenis fleece, bahan cotton fleece juga merupakan bahan yang paling awet dan tahan lama. Jadi, anda tidak perlu sering-sering membeli jaket atau sweater yang menggunakan bahan satu ini karena dijamin, jaket dan sweater anda akan awet dan tahan lama. Dengan begitu, anda tidak perlu merogoh kocek terus-terusan hanya untuk membeli jaket atau sweater. Irit bukan?


4. Sirkulasi Udara yang Baik


Bahan satu ini terkenal memiliki sirkulasi udara yang baik. Hal itu disebabkan karena sifat breathability yang dimiliki kain satu ini. Hal ini memang terasa kontras apabila dibandingkan dengan sifat dari kain ini yang mudah menghangatkan tubuh. Jadi, selain hangat, kain ini juga nyaman dipakai karena sirkulasi udaranya yang baik.


5. Hangat


Tidak hanya pacar atau pasangan loh yang dapat menghangatkan, cotton fleece juga bisa. Itulah mengapa kain cotton fleece lebih sering digunakan sebagai bahan baku utama pembuatan jaket dan sweater. Ya, karena sifat kain ini yang hangat seperti pasangan. Meskipun menghangatkan dan cocok untuk dipakai di musim dingin, jaket atau sweater yang terbuat dari bahan satu ini tidak dapat digunakan untuk kondisi dingin yang ekstrem looh. Butuh bahan yang lebih hangat lagi apabila menghadapi cuaca dingin yang ekstrim.


6. Cocok untuk Berbagai Ukuran Tubuh


Elastisitas yang dimiliki kain menjadikannya cocok untuk dipakai siapa saja. Mulai yang kurus hingga yang gemuk. Sebagaimana diketahui, apabila suatu pakaian bersifat elastis, maka, dipakai oleh siapa saja akan terasa pas. Begitu pula pakaian yang menggunakan bahan cotton fleece ini sebagai bahan baku utama pembuatannya. Mungkin, kalau disamakan dengan ukuran baju, kain ini akan menyamai ukuran baju all size.


7. Nyaman Dipakai


Sudah disebutkan di atas bahwasanya bahan satu ini memiliki tingkat kelembutan yang fantastis. Oleh karena itu, pakaian yang menggunakan bahan satu ini otomatis akan sangat nyaman dipakai. Selain dingin, pakaian yang menggunakan bahan satu ini akan terasa halus di kulit pemakainya. Hal itu disebabkan serat-serat cotton fleece ini terkenal halus dan ringan.


8. Pilihan Warna


Pilihan warna dari cotton fleece memang memang sangat menarik. Warnanya yang rata-rata lebih terang dibandingkan dengan kain lainnya menjadikannya kain cotton fleece lebih kece. Worth it lah untuk dikoleksi. Terlebih, apabila kita ingin mengkreasikannya menjadi jaket atau sweater, tentu hasilnya akan lebih bagus apabila anda bisa memadukan warnanya.


9. Murah


Dibandingkan dengan kain lainnya, urusan harga, kain fleece termasuk kategori yang relatif murah. Ramah di kantong dan tidak bikin kantong sobek. Sebab, anda tidak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk dapat membuat jaket atau sweater dengan menggunakan bahan baku utama kain ini. Jangan khawatir deh kalau soal harga!



Kekurangan Bahan Cotton Flece



Meski memiliki banyak kelebihan, bahan cotton fleece juga tidak luput dari kekurangan. Tidak ada gading yang tak retak, begitu kata pepatah. Oleh karena itu, kami juga akan membahas kekurangan bahan cotton fleece ini dengan lengkap agar adil. Masa cuma kelebihannya aja yang dibahas, ya kan?


1. Susah Menyerap Air


Kekurangan pertama dari bahan satu ini adalah daya serapnya terhadap air relatif agak buruk. Bayangkan saja, dari keseluruhan total beratnya, hanya 1 % nya saja yang dapat diserap oleh bahan satu ini. Tidak mengherankan sih karena kain satu ini memiliki sifat hidrofobik alias kurang baik menyerap air.


2. Semakin Sering Dicuci, Semakin Memudar Warnanya


Selain soal daya serapnya terhadap air, kain ini juga memiliki kekurangan soal warna. Meskipun pilihan warnanya relatif lebih menarik, akan tetapi, ternyata, apabila sering dicuci, warna dari kain cotton fleece ini akan semakin memudar. Oleh karena itu, apabila anda memiliki jaket atau sweater yang terbuat dari bahan cotton fleece, jangan terlalu sering mencucinya yaa! Cukup cuci ketika memang sudah kotor, berbau dan tidak enak dipandang serta dipakai saja.


3. Elastis dan Mudah Melar


Memang sih, elastisitas dari kain satu ini terbilang tinggi dan oleh karena itu cocok digunakan oleh semua ukuran tubuh. Akan tetapi, hal ini pula yang menjadi kekurangannya. Sebab, jika suatu kain itu elastis, maka, kian hari akan kian melar tentunya kan? Jadi, semakin hari akan semakin bertambah besar.


4. Mudah Kotor


Sifat dari bahan cotton fleece yang berbulu menyebabkan kain ini mudah kotor. Dibandingkan dengan jenis kain lainnya, cotton fleece termasuk bahan yang lebih mudah kotor. Sebab, bulu dari kain ini akan lebih mudah mengikat partikel-partikel kotoran yang mengenai kain ini. Teksturnya yang berbulu juga menyebabkan kain ini dapat menyerap debu lebih banyak apabila sering terkena terpaan debu atau digunakan di luar ruangan.


5. Mengelupas Tanpa Dicuci


Kabar buruknya lagi, permukaan kain ini juga ternyata relatif lebih mudah mengelupas. Hal ini disebabkan karena serat-serat yang ada dalam bahan cotton fleece. Oleh karena itu, baik dicuci maupun tidak dicuci, kain ini semakin lama juga semakin mengelupas. Karena itu pula, sebenarnya, semakin lama pakaian yang menggunakan bahan utama kain ini akan semakin tidak nyaman dipakai.


6. Semakin Lama Semakin Tipis


Karena permukaannya yang mengelupas, kain ini semakin lama juga semakin tipis. Sebab, bulu-bulu yang ada di bahan cotton fleece ini akan semakin berkurang karena mengelupas sedikit demi sedikit.


Tips Perawatan Sweater Hoodie Bahan Cotton Fleece


1. Jangan menggunakan pemutih saat mencuci.


2. Jangan dijemur dibawah terik matahari langsung cukup, ditempat teduh (dianginkan).


3. Hindari pelembut dan pewangi berlebihan saat mencuci, harus tercampur dengan air dulu (jangan langsung dituangkan pada sweater/hoodie)


4. Jangan terlalu lama merendam saat mencuci.


5. Ketika menyimpan digantungan gunakan plastik atau didalam lemari.


Apapun bahannya, apapun barangnya, jika pemakaian rawatan yang tepat akan membuat barang yang kita miliki lebih awet.


Demikian pembahasan spesifikasi, kelebihan dan kekurangan bahan cotton fleece yang memang paling cocok buat sweater atau hoodie.



Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here